Sabtu, 13 November 2010

You Can Be A Hero

Do you want to share?

Do you like this story?

Setiap orang biasanya memiliki tokoh idola, panutan atau pahlawan dalam hidupnya namun sesungguhnya setiap orang  (termasuk Anda dan saya) dapat menjadi tokoh idola, panutan atau pahlawan bagi orang lain. Yang paling dibutuhkan adalah hati yang tulus dan bersedia memberikan hal-hal positif bagi sesama.  Jika saat ini saya bertanya kepada Anda, "Siapa nama lima wanita peraih penghargaan Putri Indonesia selama lima tahun terakhir ini?" atau, "Siapa nama lima Miss Universe yang Anda tahu?", atau "Siapa nama lima sutradara yang meraih Piala Oscar?" atau "Siapa nama lima tokoh dunia peraih Nobel Perdamaian dalam lima tahun terakhir ini?" Barangkali Anda akan berpikir dan mencoba mengingat nama mereka. Tidak bisa kita pungkiri bahwa mereka yang meraih penghargaan tersebut adalah orang-orang penting dan berprestasi. Singkatnya, mereka orang hebat. Tentu mereka tidak meraih penghargaan-penghargaan tersebut dengan mudah. Kita mungkin ingin bisa seperti mereka.
 
Namun, jika pertanyaannya saya ganti menjadi, "Siapa nama lima orang yang paling berpengaruh positif dalam hidup Anda?" hampir dapat dipastikan Anda akan menyebutkan nama mereka dengan lancar. Mungkin Anda akan membayangkan wajah mereka sambil tersenyum dan mengingat kebaikan mereka. Sebagian dari mereka barangkali telah berpulang atau sudah lama sekali tidak berjumpa dengan Anda. Harus diakui secara jujur bahwa kebaikan -bukanlah prestasi- yang membuat seseorang akan senantiasa dikenang. Orang-orang yang memiliki pengaruh positif dalam hidup Anda ibarat pahlawan dalam hidup Anda. Mereka membantu Anda meraih banyak hal dalam hidup ini, baik secara langsung atau pun tidak langsung. Tanpa mereka, bisa jadi Anda tidak akan seperti hari ini. Mereka bisa saja orang tua, saudara, pasangan hidup atau sahabat Anda. Bisa jadi pahlawan itu barangkali guru Anda atau mentor Anda. Saya selalu teringat kepada beberapa sahabat dan mentor saya yang selalu mendukung saya manakala begitu banyak pihak yang meragukan kemampuan saya untuk bisa mencapai banyak hal yang saya capai sekarang ini. "Jangan takut! Maju terus! Kami senantiasa mendoakanmu," begitu kalimat-kalimat positif mereka yang selalu terekam indah dalam hati sanubari saya.
 
Yang menarik seringkali kehadiran para pahlawan ini bukanlah sesuatu yang istimewa bagi kita. Kita mungkin menganggapnya biasa-biasa saja sampai suatu ketika kita menyadari bahwa mereka adalah "mukjizat" yang mampir dalam hidup ini. Kalau boleh jujur, sudahkah Anda dan saya mengungkapkan rasa sayang dan terima kasih kepada mereka? Saat terbaik untuk menunjukkannya adalah saat ini. Jangan menunda sampai besok, minggu depan, bulan depan, tahun depan atau pada hari ulang tahun mereka, karena bisa jadi waktu itu tidak akan pernah ada.
 
Selengkapnya: You Can Be A Hero.

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 comments:

Posting Komentar